Sabtu, 04 Agustus 2012

7 Makanan Korea Yang Perlu Dicoba

1. KIMCHI



 Kimchi adalah salah satu dari sekian makanan tradisional Korea. Kimchi ini adalah asinan pedas Korea yang terbuat dari sawi putih dan lobak yang dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Kimchi biasanya menjadi hidangan paling umum saat makan dengan keluarga. Kimchi ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Korea. Nah,kalo kamu berkunjung ke Korea, beli deh kimchi, nggak afdol lhoh kalo belum nyoba kimchi.

2. JAJANGMYEON

 Jajangmyeon adalah salah satu makanan yang disukai masyarakat Korea karena tekstur dan tampilan nya yang menggoda. Saat makan di luar mereka membeli ini. Mie hitam yang dicampuri oleh saus kacang kedelai hitam ini disukai bukan hanya oleh orang dewasa, namun oleh anak-anak. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Cina, dan orang Cina biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.Yuk, beli, uenakkkk!

3.  DDEOKBOKKI

 Kue beras Korea yang satu ini adalah "snack" yang paling disukai juga bernama ddeokbokki. Biasanya ddeokbokki dijual di kedai pinggiran. Makanan ini dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari ddeokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Aku pernah makan ini lho, kamu kapan? ayuk!

4. SOONDUBU JIGGAE  

 Soondubu Jiggae adalah sup tahu yang panas dan pedas rasanya. Makanan ini bisa juga disebut sup tahu. Biasanya ditambahkan telur seafood dan diberi rasa pedas dari cabai merah. Makanan ini agak sulit ditemukan di Indonesia. Namun jika kamu berkunjung ke Korea jangan sungkan-sungkan beli ini. Nampaknya enak!

5. BIBIMBAP 

Nasi Korea yang satu ini adalah masakan dengan campuran berbagai sayuran, daging, telur, dan saus pedas gochujang. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Inilah sensasinya!
Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan. Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk. Pelu dicoba lho teman!

6. SONGPYEON 
 Pernah nonton drama kolosal Korea kan? Yang tentang kerajaan itu. Nah, kue ini dihidangkan pada drama itu. Kue beras ini berisi berupa sirup kacang merah, kacang kedelai, kastanye, jujube atau wijen. Kue ini biasa menjadi hidangan keluarga saat perayaan Chuseok (perayaan panen raya pada 15 Agustus). Rasanya manis, di Indonesia seperti mochi

7. BULGOGI 

 Makanan daging asal Korea ini sangat disukai dengan rasa manisnya. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera. Bulgogi sangat enak dimakan dengan nasi juga, atau biasanya dengan selada.

 

Nah itu 7 makanan Korea ter-Populer menurutku. Buat kalian masyarakat Jogja, aku ada rekomendasi Korean Restaurant , di Mushiro (Jl.Gejayan) samping Swiss House. Yuk dicoba!

 

 


1 komentar:

  1. Annyeoong boleh minta partisipasi gak? http://saranghaefanfictionindonesia.blogspot.com/ lagi buka pendaftaran buat author baru loh, buat yang mau freelance juga bisa..
    Mohon bantuannya soalnya itu blog baru, terima kasih :D

    BalasHapus

    BalasHapus